Pikiran Random tentang Tahun yang Telah Berlalu dan Pengalaman dalam Hidup

Saat terbaik untuk berpikir ulang tentang hidup, menurut saya adalah di titik pertambahan usia. Setiap tahun, kita diberi kesempatan untuk melihat kembali tahun-tahun yang sudah lewat. Apakah ada penyesalan? Atau hanya ada suka dalam tahun yang telah berlalu itu?

Apakah ada yang ingin dirubah? Bagaimana dengan masa depan kita nantinya? Seperti apa yang kita bisa lakukan? Apa yang bisa kita capai? De El El De El El….

Tentang Masa Depan dan Tahun yang Telah Berlalu

Kita… kamu, saya, dia, mereka – semua tahu berapa jumlah tahun yang telah kita lewati, dan tidak bisa menebak berapa jumlah yang akan kita dapatkan lagi ke depannya. Tidak ada yang tahu. Memang… ini juga bukanlah alasan untuk kita tidak memikirkan masa depan.

Kita selalu bisa berharap yang terbaik di masa depan. Salah satu caranya yaitu dengan:

Melihat ke belakang – tahun yang telah kita jalani – apa saja yang sudah dicapai dan apa yang kiranya masih menjadi KEINGINAN kita.

Seperti banyak orang pintar bilang, kita tidak bisa maju jika tidak melihat sejarah dan belajar darinya.

Pengalaman Memberi Banyak

Hidup selalu memberi banyak kepada kita semua. Pengalaman akan luka, suka dan lainnya, telah membawa kita ke titik di mana kita berada saat ini. Setiap pengalaman yang ada itu telah membuat kita melangkah kan? Entah itu pengalaman buruk ataupun pengalaman baik.

pengalaman dalam hidup dalam tahun yang telah berlalu

Hidup memberikan pengalaman, baik atau buruk – semua di tahun yang telah berlalu – membentuk kita sekarang ini

Pengalaman Baik Memberi Senyum dan Bangga

Begitu banyak pengalaman luar biasa yang telah kita lalui. Mungkin kita tak menyadarinya dan tidak mengucap syukur. Namun, di hari spesial kita, biasanya kita akan terpikirkan semua ini kembali. Pengalaman berharga yang tidak mau kita lepaskan – sekalipun kita diberikan kesempatan mengulang.

Pengalaman kerja di sebuah perusahaan ternama hingga perusahaan kecil (apa kebalikannya ya), pengalaman menjadi tambatan hati seseorang dan pengalaman manis lainnya. Semua ada dan memberi pembelajaran pada kita. Membentuk kita seperti sekarang ini.

Belajar dari para orang hebat dalam hidup…. tidak ada yang lebih baik dari ini kan? 

Pengalaman Buruk bukan Akhir Segalanya… Melainkan Awal dari Segalanya

Pengalaman buruk telah memberitahu kita bahwa kita ini MAMPU dan punya SESUATU. Sesuatu yang membuat kita bisa melewati semuanya. Mungkin tidak selalu langsung bangkit, namun semua itu telah kita lewati kan? Pengalaman saya untuk mencinta pun tidak mulus.

Merasakan sakit hati karena cinta dan hampir ingin bunuh diri karenanya, bukan hal yang saya banggakan. Tapi sekarang,… saya bisa berkata, “saya pernah mencintai seseorang dengan sedemikian rupa.” Dan juga pengalaman itu membuat saya untuk lebih berpikir dengan logika – walau kadang cinta dan logika tak sejalan ya.

Percaya deh… walau saat ini kamu berada di titik yang terasa paling rendah dalam hidup, akan ada jalan baru yang menanti. These too shall pass – ini mantra saya dalam hidup. 

Percaya atau tidak, semua pengalaman buruk yang kita lewati, akan menjadi awal untuk sesuatu yang baru yang lebih baik.

Jangan Pernah Menyesal

Atas apa yang telah diputuskan dan dijalankan selama ini. Atas semua pengalaman baik ataupun buruk yang dialami. Karena penyesalan hanya akan membawa kita ke satu titik saja.

Titik di mana kita tidak mundur ataupun maju.

Apakah kita mau seperti itu? Tidak mundur ataupun maju. Hanya diam di titik sekarang kita berada. Titik di mana angka hidup kita terus bertambah.

Baca juga: Di Ambang Usia 30 dan Single untuk Wanita itu Menakutkan!

Satu hal yang saya pelajari selama ini adalah bahwa

Penyesalan akan selalu ada dan datang terlambat. Namun bukan berarti kita tidak bisa merubah hidup kita ke arah yang kita inginkan. Kuncinya hanya: “Jangan terpaku dalam penyesalan dan terus berusaha untuk maju.”

Karena bahkan orang-orang sukses sekalipun, pernah mengalami kegagalan sebelumnya.

Yang membedakan mereka dari yang tidak sukses adalah – mereka tidak menyesali dan selalu berusaha untuk lebih baik lagi setiap harinya.

Hidup ini Singkat….

Itu kenyataannya temans. Memang hidup ini singkat. Walaupun tidak ada yang bisa memprediksi berapa lama kita akan mendapatkan tahun yang akan datang.

Jadi…

Kenapa kita tidak menikmati tahun yang telah berlalu dan saat ini serta menjelang masa depan yang lebih baik? 

Pikirkan yang telah berlalu – belajar darinya dan jadi yang lebih baik. Inilah pikiran random yang selalu muncul tiap tahun di titik kelahiran saya. Dan selalu saja, diakhiri dengan kutipan dari seorang Steve Jobs yang saya selalu suka:

tahun yang telah berlalu dan masa depan

Daripada berdiam diri, lebih baik menelisik sejarah tahun yang telah kita lewati dan lakukan sesuatu kan – seperti Steve Jobs.

Leave a Reply