Satu Dekade Satu Indonesia Awards: Apresiasi Untuk Mereka Yang Berjuang Untuk Kegiatan Positif

Ada yang berbeda dari kickoff Satu Indonesia Awards 2019 dari Astra International kali ini. Ajang apresiasi bagi anak bangsa yang berprestasi ini menginjak usia ke-10. Satu dasawarsa sudah program CSR ini berjalan.

Acara yang dilaksanakan pada Senin, 11 Maret 2019 kemarin, berlangsung di Gedung Astra di bilangan Sudirman. Ajang apresiasi anak bangsa Indonesia ini diwarnai dengan berbagai lukisan dan satu mural panjang yang indah.

Seperti apa kick-off yang dihadiri oleh Dian Sastrowardoyo ini? Simak lengkapnya di sini ya.

Dian Sastrowardoyo di Acara Kick-Off SATU Indonesia Awards 2019 kemarin (taken from IG)

Satu Dasawarsa SATU Indonesia Awards – Menghadirkan Narman, Pemuda asal Baduy Luar

Kang Narman, adalah salah satu penerima apresiasi 2018 di bidang Kewirausahaan. Kontribusi Narman sebagai Pembuka Cakrawala Baduy itu yang menghantarkannya sebagai penerima apresiasi tahun lalu.

Kang Narman, penerima SATU Indonesia Awards 2018 di bidang Kewirausahaan.

Di tahun 2019 ini, apresiasi kembali dilakukan untuk 5 bidang seperti tahun sebelumnya, yaitu:

  1. Kesehatan
  2. Pendidikan
  3. Lingkungan
  4. Kewirausahaan
  5. Teknologi

Selain itu, ada 1 (satu) kategori Kelompok untuk ke-5 bidang di atas.

Kisah Narman dalam Memperkenalkan Baduy

Ditemui seusai acara, Narman yang belajar untuk menggunakan media sosial dan komputer secara otodidak, mengungkapkan bahwa niatannya adalah untuk memajukan desa dan warganya.

Baca juga: Kisah Kartini Masa Kini yang Mengangkat Budaya Batik

Narman sendiri harus berjalan kaki dua kilometer untuk akses internet dan mempelajarinya di Ciboleger. Perbatasan dengan desa Baduy luar.

Namun hasilnya nampak, akun Instagram @baduycraft yang menjual dan menginformasikan mengenai produk kerajinan tangan dari Baduy cukup mendapat sambutan.

Baduy yang tidak akrab dengan teknologi, diperkenalkan melalui dunia sosial media. Sesuatu yang berat pastinya. Mengingat adalah suatu aturan adat Baduy yang melarang warga mereka untuk menjalani pendidikan formal.

Namun, Kang Narman tidak menyerah dan terus berusaha. Seperti yang dijelaskan di atas. Beliau belajar secara otodidak dan akhirnya berhasil.

Kegigihannya dalam memperkenalkan budaya Baduy melalui sosial media inilah yang menghantarkan dirinya tahun lalu mendapatkan apresiasi ini.

kick off satu indonesia awards 2019
Taken from IG Dian Sastrowardoyo

Juri SATU Indonesia Awards 2019, Dian Sastrowardoyo Salah Satunya!

Dewan juri 10th SATU Indonesia Awards 2019 terdiri dari:

  • Prof. Nila Moeloek (Menteri Kesehatan Republik Indonesia),
  • Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia),
  • Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI & Guru Besar Universitas Negeri Jakarta),
  • Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan),
  • Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi),
  • Toriq Hadad (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk),
  • Riza Deliansyah (Deputy Chief of Corporate Affairs Astra),
  • Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra), dan
  • Juri tamu Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni).

Sementara itu Dian Sastrowardoyo mengungkapkan rasa senangnya karena menjadi salah satu juri.

Ini menjadi suatu yang menarik, memberikan apresiasi pada mereka yang selama ini bekerja dalam diam. Aku senang banget menjadi bagian tahun ini.

Ungkap Dian Sastrowardoyo yang juga merupakan pegiat seni tentang dirinya sebagai juri tamu SATU Indonesia Awards 2019.

Tentang Program SATU Indonesia Awards

Astra menginisiasi program SATU Indonesia Awards dengan harapan bahwa program ini lebih banyak lagi dapat menginspirasi anak muda Indonesia, sehingga semakin banyak mereka membuat perubahan positif demi kemajuan bangsa.

Ungkap Presiden Direktur PT ASII Tbk Prijono Sugiarto.

Sejak pertama kali diadakan, Astra telah menganugerahi 245 generasi muda yang terdiri dari 53 penerima tingkat nasional dan 192 penerima tingkat provinsi.

Anak muda ini mewakili kategori bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi serta Kelompok.

View this post on Instagram

Swipe for more! Selamat Hari Sumpah Pemuda! 90 tahun lalu, para pemuda berikrar untuk #SATUIndonesia. Kini… #PemudaPemudiIndonesia memberi inspirasi melalui aksi nyata mereka. 7 pemuda yang memberi aksi dan menginspirasi ini merupakan penerima #SATUINDONESIAWARDS2018 yang merupakan #9thSATUIndonesiaAwards2018 sejak pertama kali di tahun 2010 lalu. 7 sosok #inspiratif yang berkarya di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Wirausaha, Teknologi dan 1 kelompok di semua bidang itu. See tagged atau baca di: https://www.astra.co.id/Media-Room/Press-Release/7-Anak-Muda-Penggerak-Kemajuan-Bangsa-Terima-Apresiasi-9th-SATU-Indonesia-Awards-2018 Ada 1 #Kutipan yang saya tangkap di acara Anugerah SATU Indonesia Awards dari Pak @azzaaprisaufa "Janganlah menjadi ikan yang menangisi kenapa burung bisa terbang" Awalnya saya agak bingung membaca maknanya. Namun setelah disimak lagi, begitu dalam. Kalau saya menangkap #inspirationalquotes di atas seperti ini: "Kita semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Daripada meratapi kekurangan, baiknya kita menghargai kelebihan kita. Berkaryalah dengan kelebihan kita itu." Sepakatlah saya dengan kutipan ini… dan rupanya, Pak @azzaaprisaufa ini sering share #KutipanMotivasi di IGnya. Kalau menurut kalian, kutipan di atas gimana? Atau mungkin mau share semangat #HariSumpahPemuda ala kamu… #90tahunSumpahPemuda #9thSATUIndonesiaAwards2018 #SATUIndonesiaAwards2018 #KitaSATUIndonesia #FebriyanLukito #Motivasi #motivationalquote #inspirasihidup #inspirationalquotes #quotes #quotestoliveby #quotesaboutlife #life #lyfe #bloggerindonesia

A post shared by Febriyan Lukito (@ryanluki24) on

Siapa yang akan menjadi penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2019 ini?

Sebagai informasi, seleksi dan apresiasi diberikan mulai dari tingkat provinsi. Untuk penerima apresiasi tingkat nasional akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp60.000.000 (enam puluh juta rupiah).

Selain itu, penerima apresiasi di 5 bidang ini juga akan mendapatkan pembinaan kegiatan untuk ke depannya.

Untuk lebih detilnya bisa langsung cek di www.satu-indonesia.com.

Kamu tidak hanya bisa menominasikan diri sendiri, namun juga kenalan yang dianggap memiliki kontribusi positif bagi masyarakat.

Jadi tunggu apalagi, kalau kamu merasa ada teman atau kenalan yang kamu rasa pantas diberikan apresiasi, segera klik:

Leave a Reply