Bayang-Bayang Harvey dan Ramalan Oscar di Golden Globe kali ini

Golden Globe kali ini berbeda, dengan latar skandal pelecehan seksual dari bos besar Harvey Weinstein, karpet merah Golden Globe Awards 2018 tak akan berwarna oleh parade busana glamor seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sejumlah aktris dilaporkan akan mengenakan busana serba hitam sebagai bentuk protes mereka terhadap berbagai kasus pelecehan seksual dan ketidaksetaraan dalam soal hak bekerja antara pria dan wanita di Hollywood.

Usai badai skandal yang menimpa Harvey Weinstein di penghujung 2017, mantan produser kondang tersebut memastikan diri tak datang ke perhelatan Golden Globe Awards, Minggu (7/1) malam waktu Los Angeles atau Senin pagi Waktu Indonesia Bagian Barat.

golden globe 2018

Hal itu sekaligus menepis rumor yang menyebutkan kemunculan dirinya di Beverly Hilton, Beverly Hills, Los Angeles. Hotel tersebut merupakan lokasi berlangsungnya Golden Globe Awards tahun ini.

Harvey dikatakan masih berada di Arizona untuk menjalani perawatan usai berbagai skandal cabulnya terkuak yang disusul berbagai pencekalan hingga perceraian rumah tangga.

Terkait aksi ‘serba hitam’, The Hollywood Reporter melaporkan sejumlah desainer kini bekerja keras di menit-menit terakhir untuk menyiapkan berbagai busana serba hitam untuk selebritis. Ada yang memodifikasinya, atau menambahkan detail di setiap busana.

Oscar dan Golden Globe

Salah satu yang paling menarik perhatian dari musim penghargaan adalah isu keterkaitan antara Golden Globe Awards dengan Academy Awards (Oscar). Keduanya diwarnai mitos ramalan pemenang, apakah ada kecocokan atau perbedaan.

Pada 2016, Bustle juga menyebut selama dua dekade terakhir, Golden Globe telah ‘memprediksi’ pemenang kategori Best Picture Academy Awards (film terbaik) dengan tepat sebanyak 10 kali. Tapi ini hanya sebagai acuan saja, sebab jumlah jurinya saja berbeda. Oscar dengan 6000an juri dan Golden Globe dengan hanya puluhan saja.

nominasi film terbaik golden globe 2018

Beberapa film yang menonjol dan memborong beberapa kategori nominasi. Di antaranya adalah:

  • The Shape of Water – 7 nominasi
  • The Post – 6 nominasi
  • Three Billboard Outside Ebbing, Missouri – 6 nominasi
  • Lady Bird – 4 nominasi

The Shape of Water garapan Sutradara Guillermo del Toro tersebut meraih tujuh nominasi dengan kategori:

  1. Aktor Pendukung Pria Terbaik (Richard Jenkins),
  2. Aktris Pendukung Perempuan Terbaik (Octavia Spencer),
  3. Aktris Terbaik (Sally Hawkins),
  4. Sutradara Terbaik (Guillermo del Toro),
  5. Best Motion Picture,
  6. Best Original Score, dan
  7. Best Screenplay.

Film tersebut mengisahkan tentang seorang wanita tunawicara bernama Elisa Esposito (Sally Hawkins) yang bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah pusat penelitian di Occam Aerospace pada awal tahun 1960an.

Penghargaan yang ditujukan untuk acara TV (Televisi) didominasi HBO’s Big Little Lies dengan enam nominasi. Acara tersebut mendominaasi dibandingkan dengan sejumlah acara prestige lainnya, seperti The Handmaid’s Tale, This Is Us, Master of None, Stranger Things, dan The Crown. Siapakah yang akan menang? Kita tunggu Senin siang nanti!

Leave a Reply