5 Tipe Penumpang Solo Dewasa di Pesawat – Kamu Termasuk yang Mana?

*Penumpang solo: penumpang yang bepergian seorang diri, bukan yang berasal dari Solo.

Ide tulisan tentang tipe penumpang solo dewasa di pesawat ini terpikir saat saya lagi dalam perjalanan menuju Sydney. Namun, karena masih dalam suasana liburan, saya memutuskan untuk menundanya.

tipe penumpang solo dewasa di pesawat

Di antara 5 tipe penumpang solo dewasa di pesawat ini, kamu termasuk yang mana?

Era digital praktis telah mengubah interaksi sesama manusia di dunia nyata. Bahkan, bila sedang bepergian dengan yang kamu kenal, belum tentu juga akan mengobrol sepanjang jalan.

Berkat ponsel, koneksi wifi, hingga layanan hiburan di kabin pesawat (berupa layar TV di tiap bagian belakang kursi penumpang dan dinding untuk deret terdepan), nggak perlu lagi takut mati gaya.

Ini tergantung maskapai-nya juga sih, tapi beruntunglah bila kamu kebetulan dapat yang model begini. Berkat layar itu, kamu bisa duduk manis sambil menonton film atau serial TV, mendengarkan lagu-lagu pilihan dari ragam daftar, hingga bermain game.

Ada juga bacaan digital, meskipun masih ada koran atau majalah di dalam kantong di belakang kursi pesawat. Mau baca bawaan sendiri juga sah-sah aja.

5 Tipe Penumpang Solo Dewasa di Pesawat – Kamu yang Mana?

Mungkin satu atau lebih gabungan dari kelima jenis penumpang pesawat di bawah ini termasuk kamu:

1. Tipe Molor

tipe penumpang solo dewasa di pesawat

Tipe penumpang solo dewasa di pesawat #1 – Tipe Molor…

Berbahagialah bila kamu termasuk penumpang macam ini. Manfaat dari mudah tertidur di pesawat adalah: obat anti bosan, menyiapkan tenaga (terutama untuk menghadapi jetlag), hingga mengurangi gelisah akibat turbulensi.

Kekurangannya: melewatkan sesuatu yang mungkin menarik di pesawat, terutama…hmm, makanan enak. Buat yang nggak sadar suka mendengkur (apalagi sekeras gergaji mesin), alamat ganggu ‘tetangga sebelah’.

2. Tipe Sibuk

tipe penumpang solo dewasa di pesawat

Tipe #2: Sibuk sana sini…

Tipe ini lazim ditemukan di kelas VIP atau bisnis. Bahkan, meski sedang liburan pun, pikiran masih suka tersangkut di pekerjaan.

Jangan harap bisa mengajaknya mengobrol di pesawat. Tipe ini lebih sibuk dengan notes, laptop, atau bahkan bertanya pada pramugari (atau pramugara) soal koneksi wifi di pesawat.

Enaknya, kalo lagi malas ngobrol sama siapa pun dan memilih bengong atau tidur, tipe ini nggak akan mengganggu. Hore!

3. Tipe Pembosan

tipe penumpang solo dewasa di pesawat

Tipe penumpang pesawat dewasa #3: Bosan

Ini kerap terjadi pada penerbangan yang butuh waktu lama, terutama lintas negara atau benua. Memang, kelamaan duduk nggak enak. Alhasil, tipe ini cenderung ‘agak berisik’.

Makan memang dapat menjadi pengalih perhatian yang oke untuk sementara. Begitu pula dengan sarana hiburan yang ada di layar TV.

Sisanya? Kalo nggak bolak-balik kamar mandi lebih sering (yang berpotensi mengganggu yang lain), paling menggerutu sendiri.

Ada kemungkinan penumpang tipe ini akan mengajakmu ngobrol demi membunuh kebosanannya sendiri. Iya kalo obrolannya menyenangkan. Kalo ganggu? Mending pura-pura tidur sekalian. Kalo giliran kamu yang ajak dia ngobrol tapi malah dijutekin…enaknya diapain, ya? Mungkin jadi berharap tipe ini lebih baik nenggak obat tidur aja sekalian.

4. Tipe Berisik

tipe penumpang solo dewasa di pesawat

Tipe ini nyaris 11-12 sama yang nomor 3, tapi lebih ke suka cari perhatian. Jangan heran bila kamu yang duduk di samping selama penerbangan akan mendengar suara merdu karena tipe ini lagi bernyanyi atau bersenandung dengan earphone terpasang. Lumayan, hiburan gratis.

Kalo nggak? Ya, nasib. Sabar aja ya, atau ikut pasang earphone sekalian biar nggak usah dengar. Apalagi bila mereka lagi nonton film atau main in-flight game. Dijamin sama berisiknya.

Itu masih nggak apa-apa. Yang parah bila berisik tambah rewel, dikit-dikit minta ini-itu sama flight attendant. Okelah bila kebetulan memang berkebutuhan khusus (seperti harus minum obat tiap berapa jam sekali, sehingga otomatis akan selalu minta air minum). Orang bisa tahu kok, bedanya.

Kalo emang asli ketahuan manja (misalnya: lagi pengen kentang goreng, padahal daftar menu yang tersedia hanya nasi atau pasta), mending lain kali punya maskapai sendiri, deh. Atau bikin mesin teleportasi sekalian. Serius.

5. Tipe Pengamat

tipe penumpang solo dewasa di pesawat

Mungkin banyak penumpang dan kru maskapai yang akan menyukai tipe ini. Selain diam, duduk manis, dan sopan, tipe ini juga nyaris nggak banyak maunya.

Cuma jangan gampang ge-er kalo kebetulan kamu sedang ditatap olehnya. Tenang, biasanya hal itu hanya berlangsung tidak lebih dari lima detik (kecuali kalo menurutnya kamu benar-benar sosok menarikahay!)

Kemungkinan besar, penumpang ini berprofesi sebagai seniman atau penulis – dan sedang khusyuk mencari inspirasi.

Kalau Kamu?

Jadi, penumpang macam apa kamu kalo lagi di pesawat?

RR.

Discussion

Leave a Reply