10 Pekerjaan Dunia Digital yang Bisa Ditekuni di Tahun Baru Ini

Dunia digital memang semakin berkembang dan semakin dikenal di Indonesia. Beragam pekerjaan dunia digital pun bermunculan. Entah itu full time ataupun yang sifatnya freelance.

Nah, seringkali, profesi dunia digital seperti ini dianggap remeh dan tidak menghasilkan uang sama sekali. Padahal ya gak gitu juga. Salah satu buktinya, kita lihat aja dari gerakan pemerintah untuk mulai menerapkan pajak atas Selebgram dan teman-temannya. Ya kan?

Yang pasti, selama ditekuni dan dijalani dengan baik dan juga bertanggung jawab, profesi dunia digital bisa jadi sumber penghasilan besar untuk kita.

10 Pekerjaan Dunia Digital yang Bisa Kamu Jadikan Incaran di Tahun Baru ini

Pekerjaan dunia digital ini bisa jadi salah satu opsi resolusi tahun baru kamu loh. Siapa tahu, sebenarnya jodohmu ada di sini. Apa saja sih jenis pekerjaan di dunia digital yang bisa jadi pilihan kamu?

1. Desain Grafis

Pekerjaan desain grafis mungkin bukanlah profesi baru. Namun, di era digital ini, semakin banyak lowongan yang dibuka terkait desain grafis ini.

profesi dunia digital
Graphic Designer alias desain grafis, salah satu profesi dunia digital yang bisa jadi pilihanmu

Tak lain dan tak bukan karena dunia digital membutuhkan visual yang menarik agar dilirik orang. Karenanya, semakin banyak perusahaan yang sebelumnya tidak membutuhkan graphic designer jadi mulai mencari. Setidaknya untuk social media mereka.

2. Blogger

Kita bisa menjadikan blogger sebagai salah satu profesi di dunia digital ini loh. Sekarang ini, blogger memungkinkan mendapatkan uang dari blog, tidak terbatas pada iklan yang dipasang (Adsense) semata.

Namun juga melalui tulisan berbayar atau sponsored post. Blogger mendapatkan bayaran untuk tulisan yang dimuat di blog mereka dari brand. Di antara semuanya, jenis blogger berikut jauh lebih menghasilkan dalam hal uang:

  • Food Blogger
  • Travel Blogger
  • Beauty Blogger
  • Techno Blogger
  • Automotive Blogger

3. Youtuber

Sama seperti halnya blogger, sekarang ini Youtuber bisa dianggap sebagai salah satu profesi. Menjadi youtuber sekarang ini bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit. Jika kamu termasuk yang menyukai membuat video, kamu bisa mempertimbangkan profesi digital yang satu ini.

Untuk sukses di pekerjaan dunia digital yang ini, kita bisa saja mengambil topik-topik khusus seperti:

  • Food Review – apalagi kalau Mukbang
  • Travel Yotuber
  • Gamer
  • Movie Review

Selain topik di atas, bisa juga mengambil yang komedi.

pekerjaan dan profesi dunia digital
Instagramers – salah satu profesi dunia digital yang bisa kamu pilih loh.

4. Instagramer

Menjadi instagramer atau bahkan selebgram seringkali menjadi salah satu impian anak muda jaman now. Coba saja cek “kata yang sering dicari di 2017”.

Memang, menjadi instagramer ini juga menjanjikan, sama halnya seperti blogger dan youtuber. Instagramer ini bisa memberi penghasilan besar jika dijadikan salah satu pekerjaan dunia digital pilihanmu.

Kita cukup “menjual” postingan di instagram kita. Bisa di feeds Instagram kita ataupun IG Story. Mungkin ke depannya adalah di IGTV.

5. Web Developer/Web Designer

Dunia digital tidak terlepas dari yang namanya internet dan website. Karena itu, profesi sebagai web developer dan web designer juga cukup menjanjikan.

Kalau lebih dalam lagi, bisa juga kita menjadi UI/UX Desainer untuk website-website. Sekarang ini semakin banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang bisa membuat website untuk perusahaan mereka.

pekerjaan dunia digital

6. Pembuat Aplikasi/Apps Developer

Pekerjaan dunia digital yang satu ini terkait yang namanya handphone. Sekarang ini, lebih dari 70% akses menggunakan handphone. Karenanya pembuat aplikasi untuk Android dan IoS menjadi profesi dunia digital yang juga banyak dicari sekarang ini.

Apps Developer – biasanya disebut dengan ini. Tidak jarang perusahaan startup membutuhkan website developer dan apps developer sekaligus. Namun, tidak semua bisa melakukan keduanya.

7. Data Entry Website Toko Online

Pekerjaan yang satu ini sebenarnya sudah ada dari dulu. Namun seiring perkembangan jaman, jika dulu data entry dilakukan di stand alone computer, sekarang bisa dilakukan secara online.

Tugas pekerjaan dunia digital ini boleh dibilang mudah karena cukup memasukkan data yang sudah disiapkan. Misalnya, data entry toko online yang bertugas untuk memuat gambar, detail produk dan keterangan produk.

8. Content Writer

Pekerjaan dunia digital yang ini sebenarnya sebelas dua belas dengan blogger. Bedanya adalah medianya saja. Jika blogger menulis di blog miliknya sendiri, content writer menulis di media milik orang lain.

Baca juga: Random tentang Jurnalis

Profesi ini biasanya dicari oleh perusahaan-perusahaan untuk mengisi website yang telah dibuat oleh web developer sebelumnya. Selain kemampuan menulis, biasanya dibutuhkan juga kemampuan SEO dari seorang content writer.

pekerjaan dunia digtal
Menjadi content writer, salah satu pekerjaan atau profesi dunia digital yang bisa kamu lakukan

9. SEO Specialist

SEO (Search Engine Optimization) adalah cara mengoptimasi website agar muncul di mesin pencarian seperti Google, Bing dan lainnya. Seorang SEO Specialist biasanya dibutuhkan oleh perusahaan yang membutuhkan penjualan dari website.

Fokus SEO Spesialist bukan hanya pada menulis konten (yang sering dilimpahkan ke Content Writer), namun juga masalah teknis terkait website.

10. Social Media Specialist

Profesi yang ini fokus pada Social Media, tugasnya adalah mempersiapkan rencana konten di sosial media hingga manajemen akunnya. Sering termasuk juga menjawab pertanyaan ataupun komentar di sosial media.

Namun, sebenarnya pekerjaan dunia digital yang satu ini memiliki titik berat pada perencanaan. Strategi sosial media. Ini yang jauh lebih berat daripada sekadar menjawab komentar saja.

Jadi, Profesi Dunia Digital Pilihanmu Apa?

Nah, kalau dulu ditanya mau jadi apa, kita mungkin akan menjawab jadi insinyur atau dokter. Sekarang, tidak jarang yang menjawab menjadi salah satu dari 10 pekerjaan dunia digital di atas.

Gak salah kok. Karena memang bisa menjadi pilihan profesi kita sekarang. Namun harus diingat, profesi dunia digital di atas juga tetap membutuhkan keahlian dan juga gak bisa diraih tanpa kerja keras. Semua butuh waktu. Ya kan?

Discussion

Leave a Reply