Cinta Hidup

Dear Younger Me, Jangan Takut Jatuh Cinta, Walau Kamu Patah Hati Nanti

Kapan terakhir kali kamu menulis surat, entah itu surat elektronik ataupun tulis tangan? Bukan, bukan untuk e-mail kantor ataupun terkait pekerjaan ya.

Sudah berapa lama kamu tidak menuangkan isi hatimu dalam sebuah surat?

Saya pribadi sudah lama banget. Salah satunya, terakhir menulis untuk menuangkan isi hati itu saat menulis Dear Younger Me ini. Ini tulisan di salah satu situs yang sekarang sudah gak ada.

Ya, karena sudah gak tayang di sana, saya post ulang di sini saja. Dear Younger Me: Jangan Takut Jatuh Cinta, Walau Nanti Patah Hati yang Sangat Mendalam, Bukalah Hatimu Lagi.

Dear Younger Me – Sebuah Surat untuk Jiwa Mudaku

Seorang Pisces sulit untuk jatuh cinta, namun sekali dia jatuh cinta, ia akan sangat mencinta. Itu salah satu ramalan tentang zodiak yang menaungi saya, Pisces. Hal inilah, mungkin membuat saya takut jatuh cinta karena jika saya mencinta, harapan akan selamanya bersama dia.

Dear younger me,

dear younger me surat untuk jiwa yang muda

Ya, aku sedang berbicara dengan diriku di masa lalu. Ketika masih berusia jauh lebih muda dari sekarang. Kalau kamu membaca ini, artinya aku sedang ingin berbagi kisah. Kisah kita. Ya, kita. Kamu dan Aku. Kita ini sama. Kita ini satu.

Aku menulis ini sebagai bagian dari kenangan yang tersimpan dalam benakku selama ini. Aku tahu, kalau kamu takut untuk jatuh cinta. Aku pun merasakannya. Kamu takut membuka hatimu karena kamu takut akan disakiti. Membuka hatimu akan membuatmu luka.

Baca juga: Tentang Menjomblo di Usia Jelang 30 untuk Wanita

Tapi, dear younger me, walaupun ramalan tentang itu benar, jatuh cinta itu tidaklah menakutkan. Percayalah. Aku sudah mengalaminya dan aku tidak sedikit pun ragu dalam merasakannya kembali.

Dear Younger Me, Jangan Takut Membuka Hati

Akan ada masa di mana kamu bertemu dengan dia. Dia yang tak pernah kamu bayangkan sama sekali dalam perjalanan hidupmu yang penuh dengan target sukses. Dia yang akan membuat dirimu jatuh bangun dan membuatmu bahkan melupakan sejenak targetmu itu.

Dia yang manis. Dia dengan senyum uniknya. Dia dengan kebiasaaanya menggigit sedotan kala minum apapun. Dia yang suka sekali difoto. Dia yang jadi primadona di antara teman-temannya, bahkan temanmu.

surat untuk masa muda - dear younger me

Kamu akan menemukan banyak rasa. Rasa merindunya walau baru saja bertemu dengannya beberapa jam lalu. Rasa ingin memeluknya dan mengatakan semua akan baik-baik saja saat dia sakit.

Bukalah hatimu dan nikmati hidup layaknya bermain roller coaster itu.
Karena dari dirinya itu, kamu akan belajar banyak tentang cinta.

Tentang hidup dan tentang tujuan hidupmu sebenarnya.

Yah, memang kamu akan sakit karena merasakan cinta tak berbalas darinya. Dia tidak menyukaimu sebagai kekasih. Tapiā€¦.

Cintamu akan Menguatkanmu

Saat kamu mengalami sakitnya cinta tak terbalas itu, mungkin kamu akan sangat terluka dan rasanya duniamu hancur. Kamu yang merasa telah memberikan semua untuk dirinya, harus menerima kenyataan kalau dia menyukai temanmu, teman dekatmu.

Hidupmu akan hancur saat itu. Bahkan rasanya tak ingin sama sekali hidup di dunia lagi. Saat itu, seakan kamu sedang di pojok ruangan tergelap. Dan di atasmu ada ribuan bahkan jutaan beban yang dilemparkan kepadamu. Kamu adalah tokoh utama dalam manga Jepang yang sedang mengalami kesialan.

Kamu akan Jatuh! JATUH sangat Dalam

Duniamu runtuh dan menelan hidup-hidup dirimu.

Di saat kamu membuka hati dan berani jatuh cinta pada sosoknya yang ceria, sosoknya yang membuat hidupmu ceria. Kamu mendapati kalau dirimu bukanlah dunianya.

Tapi, dear younger me, dengan membuka hatimu saat itu. Dengan jatuh cinta padanya, kamu akan menyadari bahwa kamu memiliki banyak cinta lainnya. Cinta sahabat yang cukup hadir di saat-saat terburukmu itu.

Kamu memiliki banyak cinta di sekelilingmu. Dan cinta itu akan menguatkanmu.

Kamu memiliki keluarga yang mencintaimu, walaupun mereka tidak tahu tentang kisah cintamu ini. Tapi, mereka selalu ada di sampingmu. Mereka siap menerimamu setiap saat. Mereka, sahabat dan keluargamu akan menjadi fokus utama dalam hidupmu.

sahabat yang menguatkan ketika kita terpuruk
Tetaplah bahagia…

Kamu Kuat dan Kamu Bisa

Dan setelah kamu bisa melewatinya semua, kamu akan menyadari kalau kamu adalah manusia yang kuat. Cintamu kepada dirinya adalah hal terindah dalam hidup yang pernah kamu alami.

Seperti kata Kelly Clarkson, dear younger me, “What doesn’t kill you make you stronger.” Kamu akan menyadari kalau kisah cintamu pada dirinya itu akan membuatmu semakin kuat dan semakin kokoh mengejar apa yang kamu inginkan dalam hidupmu.

Memang, kamu akan sulit untuk move on dari patah hati itu untuk beberapa waktu. Namun, setelah kamu menyadari semua yang terjadi adalah dengan tujuan tertentu, kamu akan bangkit dan menjadi lebih kuat.

Kamu kuat dan kamu bisa karena all these shall pass.

Kalimat itu akan menjadi mantra terbesar dalam hidupmu. Dan mantra hidup itu akan selalu menguatkanmu.

Memang, kamu melupakan masalah cinta dalam hidupmu setelah itu. Tapi kamu menjadi lebih fokus hingga akhirnya kamu menemukan kembali cinta dalam hidupmu.

Cinta yang diberikan kepadamu, di saat yang tepat oleh orang yang tepat. Walaupun kamu menjalani LDR bersama dia, kamu tahu kalau kamu lebih kuat karena dia.

Baca juga: 5 Alasan Kamu Gak Cocok LDR-an

Bukalah Lagi Hatimu dan Jatuh Cinta

jatuh cinta hingga tua

Walaupun akhirnya cinta itu pun berakhir, tapi kamu tidak lagi merana. Bukan! Bukan karena kamu tidak mencintainya, tapi karena kamu telah menjadi lebih dewasa. Sama-sama bisa memaafkan segala kesalahan dan melanjutkan hidup. Dan kemudian belajar kembali membuka hati.

Bukalah lagi hatimu. Janganlah takut untuk jatuh cinta kembali. Dear Younger Me, kamu akan menemukan banyak jalan yang telah digambarkan oleh Dia, dan kamu akan menemukan banyak cinta kembali dalam hidupmu. Seperti saat ini. Walau kembali dalam LDR, kamu merasakan sayang itu kembali.

Dalam sosok yang lain, kamu menemukan kembali rasa cinta itu. Kamu menemukan lagi semangat hidupmu karena kamu ingin dirimu dan dirinya sama-sama menyemangati. Saling mendukung walau hanya melalui pesan singkat.

Dear younger me,
Kamu akan Mencintai dan Kamu akan Dicintai

Semua akan berjalan seiring waktu dan kamu belajar memahami hidup. You live only once dan cobalah untuk menikmati hidupmu. Dengan jatuh cinta, patah hati, dan bangkit kembali. Percayalah. Semua itu akan membawamu ke siapa dirimu sebenarnya.

Jangan takut untuk jatuh cinta, dear younger me. Jangan menutup hatimu. Bersenang-senanglah dan nikmati bahagia dan juga sedihmu dalam percintaanmu.

***

Saya lupa, surat Dear Younger Me ini ditulis kapan, lebih dari 5 tahun kayaknya. Menulis surat seperti itu, rasanya menyenangkan. Menyampaikan isi hati – bahkan curhatan pun boleh.

Masih menarik juga untuk dibaca nanti-nanti, seperti sekarang ini nih.

Nah, kamu sendiri pernah menulis surat macam Dear Younger Me di atas atau ada surat lainnya? Boleh dishare loh di komentar, atau kalau mau dipublish di sini juga boleh (kontak langsung aja ya).

Leave a Reply